Thursday, June 12, 2008

TRADE !

Saya mutusin beli film ini karena tertarik sama sinopsis dibelakang dvd ini. Ga punya ekspetasi apa pun.Hampir saya balikin lagi ke rak-nya,tapi entah kenapa,saya beli juga. Dan tadinya saya udah hampir membatalkan niat untuk nonton film ini.Hampir,berarti ga jadi dibatalkan.Kenapa ada kata "hampir" ?. Karena setelah saya liat di 2 menit pertama,kok ya subtitle inggrisnya ga ada ???. Kalo emang pilem holiwut sih gak masalah.Jelek2 gini,saya masih bisa ngerti nontonnya,tanpa subtitle.Tapi ini pilemnya pake bahasa MEXICO !!. Telenopela2 gimanaaa gitu yes ??. Ampun dijeh!!.
Tapi,setelah 5 menit pertama,saya ga perduli lagi !!. Saya udah terlanjur suka ama filmnya. Kenapa bisa langsung suka dalam waktu 5 menit,because it's so real !!.
Kita gak perlu subtitle untuk tau soal human trafficking. Soal anak2 usia belasan taun yang diculik,disekap lalu kemudian dijual,setelah sebelumnya diperkosa juga mungkin.
Turis2 yang memilih satu kota untuk didatangi karena ingin menikmati suasana yang berbeda,malah berakhir dengan menikmati kepedihan yang gak ga bisa dilukiskan dengan kata2.
Human trafficking is one of things I'd like to banish,if I'm given to power to rule this world !!.
Wanita dan anak2 jadi korban keserakahan binatang2 yang berkostum manusia.

Photobucket



Adriana ( Paulina Gaitan ) , gadis berusia 13 tahun yang keluar rumah di pagi hari yang,dia pikir,biasa aja untuk bisa menikmati suasana kotanya,berujung dengan penculikkan !!.
Veronica ( Alicia Bachleda ), turis dari Polandia yang memilih Mexico untuk tempat liburan,berakhir dengan hal yang sama. Pasport diambil,visa juga.Jangan lupa,dia juga sempat diperkosa.
ANJING !!.
Dia dan Adrianna disekap di satu tempat yang sama.
Ah..film ini gila.
GILA !!!!!.
Painfully insane !.

Ada juga Jorge ( Cesar Ramos ),kakak laki2 dari Adrianna yang berhasil nemuin adiknya,dan harus mengikuti perjalanan adiknya dari tempat dia disekap sampe ke..
Membayangkan kalo saya ada di posisi dia,ngeliat adik saya diambil fotonya sebagai "contoh".
Saya mungkin akan mengiris2 orang itu kecil2 dan saya kasih makan ke buaya !!.
Setelah itu,kalo ada sisa dari orang itu,saya kencingin !!!.

Ada sedikit angin segar yang bertiup waktu karakter Ray Sheridan ( Kevin Kline ) muncul.Seorang polisi dari Texas yang juga kehilangan anak perempuannya karena sex trafficking.Dia dan Jorge akhirnya bekerja sama.
Melalui perjuangan yang melelahkan,Jorge berhasil nemuin Adriana lagi.
Dan di ending cerita,ada satu "kepedihan" yang gak tersurat,tapi tersirat.
Soal perempuan yang ,di akhir, ngejual Adriana ke Ray dan akhirnya ditangkep polisi.
Dan waktu Jorge akhirnya membalaskan dendamnya,tapi justru,like all revenges,it doesn't make him feel or be a better person.

I cried like a crazy bitch when Veronica jumped off a cliff,noleh ke arah Manolo ( bukan,dia bukan pembuat sepatu Manolo Blahnik itu ) dan bilang,
" You will pay for this. I assure that you will ".
Belum lagi musiknya yang begitu menyayat hati. Tiba2 saya ngerasa sedih luar biasa,karena inget kalo perempuan itu,Veronica,masih punya anak yang kecil banget di rumah.Masih punya Ibu yang nungguin dia pulang dan punya keluarga.

GOD !!.
Saya udah lama ga ngerasain emosi yang kae begini2 banget setelah "Crash" dan " Hotel Rwanda ".
It's so fcuking sad,because it's true. It's all real.
And it stressed me even more knowing that some people, most people with powers, chose to ignore the situation !!!.FUCK !!!.

Ah,sudahlah.

Intinya, this movie is great !!!.

Mudah2an,orang2 yang nonton film ini,bisa sadar kalo human trafficking itu bukan sesuatu yang main2.Dan,kalo dikasih kesempatan untuk do a little something - tanpa harus jadi seorang detektif seperti Ray atau jadi pejabat2 negara tai' kucing yang ga berani ngapa2in padahal mereka sendirinya punya keluarga dan anak - yang penting,NIAT itu ada.






No comments: